Untuk mengetahui produk furniture jepara berkualitas customer produk furniture harus mengetahui beberapa detail produk furniture dari bahan kayu mentah hingga proses akhir pengerjaan furniture. Kami Homedesign Indonesia akan memberikan beberapa tips untuk mengetaui produk furniture yang berkualitas agar anda tidak menyesal dengan membeli dengan harga murah tapi produk furniturenya tidak dapat bertahan lama, berikut tips-tips untuk mengetahui produk furniture yang berkualitas:
Furniture Jepara
Meja Makan Minimalis Rustic Jati Industrial Design HD-230

1. Ketahui Bahan Dasar Kayu Yang Digunakan Untuk Produk Furniture Jepara

Umumnya para pembeli furniture lebih tertarik dengan bahan dasar kayu jati, namun kini banyak model interior design yang menggunakan cat duco yang dimana kayu jati tidak direkomendasi untuk penggunakan cat duco. Kami akan menjelaskan beberapa jenis kayu termasuk kayu jati.
  • Kayu Jati
Kayu jati merupakan kayu yang dikenal sebagai kayu yang memiliki ketahanan yang lebih lama daripada kayu lainnya, akan tetapi kayu jati yang memiliki ketahanan yang lama adalah kayu jati yang sudah berumur lebih dari 20 tahun. Indonesia khususnya pulau jawa merupakan daerah penghasil kayu jati terbaik di seluruh dunia. Namun kayu jati juga memiliki kelemahannya sendiri, yaitu ketika kayu jati ditimpa dengan cat duco dalam jangka waktu beberapa tahun kemudian akan muncul bercak kuning karena sifat dasar alami dari kayu jati memiliki getah minyak sehingga jika ditimpa dengan cat duco yang mencolok pasti akan keluar getah yang akan merusak hasil dari finishing produk furniture itu sendiri.
Sofa Tamu Mewah Ukiran Klasik Golden Shine Duco Color HD 10
  • Kayu Mahogani/Mahoni
Kayu mahoni juga merupakan salah satu kayu yang paling sering digunakan untuk membuat produk furniture khususnya untuk produk furniture mewah, furniture classic dan model furniture yang menggunakan finishing cat duco. Kualitas kayu mahoni juga baik untuk produk furniture interior selagi menggunakan bahan kayu yang sudah berumur lebih dari 20 tahun. Biasanya kayu mahoni kebanyakan digunakan untuk membuat produk sofa tamu mewah, meja makan mewah, dan berbagai model furniture mewah yang ada motif ukirannya.
Meja Makan Minimalis Trembesi Natural Partisi Classic HD 06.jpg
  • Kayu Trembesi/Suar
Kayu yang satu ini terkenal dengan produk-produk furniture solid karena memang kayu trembesi/suar ini memilik type kayu yang besar dan tebal sehingga banyak produk furniture solid menggunakan kayu trembesi/suar. Namun texture kayu trembesi lebih lemah dari kayu jati atau mahoni oleh karena itu harga furniture solid kayu jati dan trembesi memang jauh dari segi harga lebih mahal kayu jati.

2. Memahami Proses Pengerjaan Pembuatan Produk Furniture

Sebagai pembeli anda harus sedikit banyak memahami konstruksi pembuatan produk furniture agar anda dapat mendapat furniture yang berkualitas. Furniture yang berkualitas umumnya kontruksi produknya tidak hanya sekedar di lem, dipaku, ataupun disekrup saja. Ada istilah isian seperti buntut kupu dowel dan lainnya, untuk ingin kosultasi tentang kontruksi produk furniture anda bisa menghubungi kami Homedesign Indonesia. Kami akan membantu untuk setiap hal yang ingin anda ketahui tentang Furniture Jepara.

3. Menentukan proses pengecatan/finishing

Untuk proses pengecetan memang sesuai selera pembeli produk furniture ingin mengunakan cat untuk produk furniture anda. Mungkin kami bisa memberikan spesifikasi untuk beberapa jenis cat yang cocok untuk setiap kayu yang digunakan.
  • Kayu Jati
Kayu jati lebih cocok untuk finishing warna natural karena kembali lagi kalau ditimpa dengan cat duco jangka panjang akan keluar getah minyak kuningnya, itupun sudah disiasati dengan dilapisi exspoci agar getah kayu lebih lama keluar.
  • Kayu Mahoni/Mahogani
Kayu mahoni sangat cocok untuk produk dengan finishing cat duco karena memang kayu mahoni tidak memiliki getah minyak, namun disarankan untuk menggunakan kayu tua yang umurnya lebih dari 20 tahun agar kayu mahoni tidak dimakan hama (bubuk) biasanya terjadi karena menggunakan bahan baku kayu muda dan tidak dioven sehingga kadar air masih tinggi dan mudah diserang hama kayu.
  • Kayu Trembesi/Suar
Kayu trembesi/ suar umumnya menggunakan cat natural karena seratnya yang lebar sangat sulit kalau ditimpa dengan cat duco sehingga hasilnya tidak maksimal.Dari sekian penjelasan dari kami, untuk para pembeli jangan terkecoh dengan harga murah tanpa memperhatikan kualitas dari produk furniture itu sendiri. Jika anda ingin mencari produk furniture berkualitas kami Homedesign Indonesia membuat berbagai jenis furniture mewah, furniture minimalis yang berkualitas yang menggunakan bahan baku yang dijamin kualitasnya.
Sofa Tamu Mewah Jepara Klasik Furniture Jakarta Terbaru MJ 9
Sofa Tamu Mewah Jepara Luxury Arabian Kingdom Palace IM 0685
Sofa Tamu Mewah Terbaru Europan Palace Style MJ 12
Sofa Tamu Mewah Jati Klasik Natural Kombinasi Color HD 191

0 Komentar